Bahasa pemrograman, atau sering
diistilahkan juga dengan bahasa
komputer atau bahasa
pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa
pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai
untuk mendefinisikan program
komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis
data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan
disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara
persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman
terdiri dari:
1.
Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada
komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
2.
Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah
bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu
memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic),
contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
3.
Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang
memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa
Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {,
}, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
4.
Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang
memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin,
end, if, for, while, and, or, dsb.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat
Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan
Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan
memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program
komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman .
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING
Object Oriented Programming adalah semacam
metode dalam pembuatan program yang berbasiskan pada objek yang mempunyai
tujuan untuk menyelesaikan berbagai masalah pemprograman yang semakin meningkat
dan rumit.
FlowchartSuatu flowchart adalah suatu representasi secara diagram yang mengilustrasikan urutan dari operasi yang dilakukan untuk mendapatkan suatu hasil. Dengan kata lain, flowchart membantu kita untuk mengerti dan melihat bentuk algoritma dengan menampilkan algoritma dalam simbol-simbol gambar.
Pseudo Code
adalah urutan baris algoritma seperti kode
pemrograman dan tidak memiliki sintak yang baku. Dalam kata lain bahasa
algorimik (sering juga di sebut pseudo-code) adalah sebuah bahasa penengah antara
manusia dan komputer, sebenarnya komputer tidak dapat langsung mengeksekusinya.
ALGORITMA
Dalam matematika
dan komputasi,
algoritma atau algoritme [1]
merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah.
Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga
akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap
masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan
algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang
memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik.
Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi)
atau memerlukan keputusan (logika
Boolean dan perbandingan)
sampai tugasnya selesai.
BAHASA JAVA
bahasa pemrograman yang dapat di
jalankan di berbagai komputer, bahkan telepon genggam sekalipun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar